Sunday, September 27, 2020

Tata Cara Servis Mobil Honda di dealer Resmi

 Tata Cara Servis Mobil Honda di dealer Resmi

Tata Cara Servis Mobil Honda di dealer Resmi
Tata Cara Servis Mobil Honda di dealer Resmi


Bagi para pemilik mobil honda pasti harus melakukan servis secara berkala. Servis perlu dilakukan agar performa dari mobil honda terjaga dan menjaga komponen-komponen pada mobil honda agar tetap layak. Dengan begitu akan menjaga keselamatan si pengguna mobil honda. 

Servis yang dilalukan secara berkala ini meliputi perawatan 1000 Km, 10.000 Km, 20.000 Km, 30.000 Km, 40.000 Km, 50.000 Km, 60.000 Km, 70.000 Km, 80.000 Km, 90.000 Km dan 100.000 Km. 

Bagi para pemilik mobil honda yang baru memiliki mobil honda dan kebingungan bagaimana cara servise mobil kesayangannya, ini dia tata cara servise mobil honda :

1. Melakukan Pendaftaran

Terobosan demi terobosan dilalukan oleh dealer mobil honda, yaitu dengan program HondaMTM dan Quick Maintenance. Dealer resmi honda melalukan terobosan demi memuaskan para pelanggannya. 

HondaMTM adalah layanan dengan menghadirkan aplikasi khusus untuk melakukan booking servise. Aplikasi ini bisa di-download melalui smartphone pemilik mobil honda.

Sedangkan Quick Maintenance adalah program yang menjanjikan melakukan perawatan dalam waktu singkat. Program ini cukup mudah dilakukan, hanya dengan menghubungi dealer resmi. 

Dengan metode HondaMTM, pemilik mobil honda yang hendak mendaftar servis tidak perlu datang langsung ke bengkel atau showroom, melainkan hanya mengisi data yang disediakan lewat smartphone.

Servis secara berkala ini biasanya memakan waktu selama 60 menit hingga 210 menit, tergantung kilometer dan model mobil. Perawatan secara berkala saat ini semakin cepat pengerjaannya dengan adanya program Quick Maintenance. 

Dengan program ini, konsumen berhak mendapatkan kompensasi jika pengerjaan servis melewati batas waktu yang dijanjikan.

Bagi pemilik mobil honda yang akan memanfaatkan program ini bisa menghubungi dealer resmi honda maksimal 1 hari sebelum melakukan servise.

2. Melakukan Servis

Sembari menunggu mobil honda untuk di-servis, pemilik bisa menunggu dengan nyaman di tempat yang sudah disediakan.

Saat menunggu proses servis, pemilik mobil bisa menikmati beberapa layanan yang tersedia, seperti koneksi internet secara gratis, kora, majalah, air mineral atau teh botol dan tempat untuk menggisi daya ponsel.

Bermacam-macam perawatan siap dilayani, mulai dari perawatan mobi honda 1000 Km hingga 100.000 Km

Perawatan Mobil Honda untuk 1000 Km

Untuk mobil baru, komponen tidak ada yang diganti, hanya diperlukan pengecekan pada komponen pada mobil honda

Komonen ini meliputi rem, lampu, oli mesin, aki, AC, emisi gas, dan baud.

Perawatan Mobil Honda untuk 10.000 Km

Pada perawatan ini terdapat komponen yang perlu diganti yaitu oli mesin dan filter oli. 

Diperlukan pengecekan pada beberapa komponen yaitu pada saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya dan rotasi ban.


Untuk biaya, biaya yang perlu dikeluarkan yaitu sekitar Rp.112.000. Biaya ini dibebankan untuk membayar oli per liter seharga Rp. 85.000 dan harga filter oli seharga Rp. 37.000. Sedangkan untuk  biaya jasa pengecekannya gratis.


Perawatan Mobil Honda untuk 20.000 Km

Perawatan ini merupakan kelanjutan dari perawatan untuk 10.000 Km. Oli mesin, filter oli dan busi perlu diganti pada perwatan ini. 

Banyak komponen yang perlu dilakukan pengecekan yaitu pada saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya, oli gardan atau oli gear box dan rotasi ban.

Perawatan Mobil Honda untuk 30.000 Km

Perawatan ini mirip seperti perawatan untuk 10.000 Km, karena hanya perlu mengganti oli mesin dan filter oli. 

saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya, radiator dan rotasi ban perlu untuk di-cek pada perawatan berkala ini.

Perawatan Mobil Honda untuk 40.000 Km

Perawatan untuk 40.000 Km harus mengganti beberapa komponen, yaitu pada saringan udara, oli mesin, filter oli, oli gear box dan busi. 

Untuk pengecekan hanya pada komponen yang biasanya perlu di-cek yaitu pada saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya, radiator dan rotasi ban.

Perawatan Mobil Honda untuk 50.000 Km

Perawatan ini hanya perlu mengganti oli mesin dan filter oli. 

Untuk pengecekan hanya pada saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya, radiator dan rotasi ban.

Untuk perawatan mobil honda 50.000 Km hingga 100.000 Km, biaya jasa pengecekan akan dibebankan pada pemilik mobil.

Perawatan Mobil Honda untuk 60.000 Km

Oli mesin, filter oli dan busi perlu diganti pada perawatan kali ini. 

Untuk pengecekan cukup kompleks yaitu pada radiator, oli garden atau oli gear box, saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya dan rotasi ban.

Perawatan Mobil Honda untuk 70.000 Km

Perawatan untuk 70.000 Km hanya mengganti oli mesin dan filter oli seperti biasanya. 

Dan pengecekan pada saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya dan rotasi ban.

Perawatan Mobil Honda untuk 80.000 Km

Perawatan lanjutan kali ini mengganti oli mesin, busi dan filter oli.


Dan pengecekan pada komponen saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya, oli gardan dan rotasi ban.

Perawatan Mobil Honda untuk 90.000 Km

Seperti biasanya, perawatan 90.000 Km hanya perlu mengganti filter oli dan oli mesin. 

Pengecekan dilakukan pada beberapa komponen yaitu saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya, radiator dan rotasi ban.


Perawatan Mobil Honda untuk 100.000 Km. 

Untuk perawatan 100.000 Km perlu mengganti filter oli, busi dan oli mesin. 


Dan pengecekan pada komponen saringan udara, AC, rem, lampu, emisi gas, setir kemudi, baud pada komponen, fan belt, ball joint aki, kaki-kaki, wiper beserta salurannya, oli gardan, radiator dan rotasi ban.


3. Melakukan Pembayaran

Setelah pengecekan komponen dan penggantian komponen yang diperlukan telah selesai, teknisi akan memberitahu kepada kasir. 


Kemudian pemilik mobil tinggal menunggu nama pemilik mobil untuk dipanggil oleh kasir dan membayar biaya servise. Setelah lunas, kasir akan memberikan kunci mobil dan catatan telah melakukan servise.  

Perawatan mobil honda perlu dilakukan secara berkala, hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan pemilik mobil honda. Disamping itu, juga untuk meningkatkan harga jual mobil. Karena catatan servise berkala bisa ditunjukan kepada calon pembeli, dengan melakukan servis tepat waktu maka calon pembeli akan memberikan kepercayaan lebih pada penjual. Dengan begitu nilai jual mobil akan meningkat.