Wednesday, September 23, 2020

Sejarah Lengkap Mobil Honda di Indonesia

 Sejarah Lengkap Mobil Honda di Indonesia

Sejarah Lengkap Mobil Honda di Indonesia
Sejarah Lengkap Mobil Honda di Indonesia


Mendengar istilah mobil Honda sepertinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Mobil Honda menjadi salah satu merk mobil yang sangat terkenal di Indonesia. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya pengguna mobil Honda saat ini. Tentu hal tersebut merupakan bentuk mereka menyukai mobil Honda. Adanya mobil Honda memiliki sejarah yang cukup panjang untuk anda ketahui.


Sejarah Mobil Honda

Honda merupakan salah satu perusahaan asal Jepang yang didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Perusahaan yang satu ini sempat menggeser Nissan yang merupakan produsen mobil Honda di tahun 2001. Pada saat itu, Nissan menempati urutan kedua sebagai salah satu produsen mobil terbesar di Jepang. Namun kemunculan mobil Honda menjadikan Nissan mundur.

Di usianya yang masih muda, Soichiro onda memiliki minat yang besar dalam kendaraan bermotor, ia menyetel mobil dan memasukannya ke dalam balapan. Rancangan awal yang dibuat oleh Soichiro Honda ditolak, namun ia tidak putus asa dan teru bekerja keras secara terus menerus. 

Banyak hal yang dilakukan oleh Soichiro Honda untuk menyelesaikan mobil ciptaannya supaya dapat diterima. Bahkan sampai menggadaikan perhiasan milik istrinya sebagai jaminan untuk memproduksi mobil. Hingga pada akhirnya, mobil Honda dapat dibuat oleh Soichiro Honda sesuai dengan apa yang diharapkan.

Bukan itu saja, perkembangan dari Mobil Honda sendiri sangatlah pesat dari tahun ke tahun. Hingga pada tahun 2004, Honda mampu berada di peringkat ke 6 sebagai salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Honda telah menggeser salah satu produsen Honda dari Amerika Serikat, yakni Chrysler. Tentu hal ini menjadi salah satu perkembangan yang cukup baik bagi perusahaan Honda.

Perusahaan yang satu ini memproduksi mobil Honda bermerk Acura di Amerika Utara. Berkat keunggulannya menjadikan mobil Honda terkenal dan laku di pasaran. Salah satu keunggulannya yaitu terdapat pada daya tahan dan jarang rusak. Dengan keunggulan tersebut menjadi kunci utama dan minat daya tarik orang-orang untuk memilih mobil Honda dibandingkan dengan merk mobil lainnya.

Honda bermarkas di salah satu kota paling terkenal di Jepang, yakni Tokyo. Saham Honda diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham New York, dan juga perdagangan di beberapa kota terkenal lainnya seperti Osaka, Nagoya, Sapporo, Kyoto, Fokuoka,, London, Paris, dan Swiss. Sementara untuk American Honda bermarkas di Torrance, California.

Perusahaan Honda sudah mulai meraup keuntungan yang luar biasa memasuki tahun 2013. Honda menginvestasikan sekitar 5,7% atau US $6,8 miliar dari pendapatannya untuk penelitian dan pengembangannya. Di tahun 2013 pula Honda menjadi salah satu produsen mobil di Jepang yang menjadi eksportir bersih dari Amerika Serikat. Kurang lebih 108.705 model Honda dan Acura dan mengimpor hanya 88.357.


Sejarah Mobil Honda di Indonesia

Pertama kali mobil Honda masuk ke Indonesia pada tahun 1960. Honda masuk ke Indonesia dan menjadikan pesaing besar produk-produk Eropa yang pada saat itu banyak yang sudah diluncurkan di Indonesia. Honda meluncurkan kendaraan roda empat T360 yang merupakan model pertamanya di Indonesia. Model ini pun langsung memikat daya tarik orang-orang untuk menggunakannya.

Pada tahun 1972, Honda kembali meluncurkan mobil lainnya yaitu Civic. Mobil ini memiliki versi yang unik hanya dengan dua pintu, kemudian menyusul versi hatchback 3 pintu pada tahun yang sama. Perkembangannya pun mulai terasa dan semakin melonjak tinggi di Indonesia. Hingga Honda mendirikan PT Imora Motor pada tahun 1974 yang mengalami perubahan nama menjadi PT Honda Prospect Motor (HPM).

HPM merupakan agen tunggal pemegang merk mobil Honda yang ada di Indonesia sejak tahun 1999 hingga saat ini. Selain itu, HPM juga telah mendirikan pabrik yang ada di Karawang, Jawa Barat tahun 2003. Pabrik tersebut juga meluncurkan kembali mobil Honda keluaran terbarunya, yakni Honda Jazz. Mobil ini terbilang cukup unggul pada saat itu dengan menghadirkan 5 pintu unggulan mereka.

Selain itu, Honda juga kembali melanjutkan tren positifnya pada segmen yang dijalankannya. Pada tahun 2011, Honda meluncurkan kembali mobil yang menjadi daya tarik banyak orang untuk membelinya, yakni Honda Brio. Merk yang satu ini terbagi menjadi dua macam varian besar, yakni Satya dan RS. Untuk Brio Satya dibuat untuk mengisi segmen mobil murah yang dapat dibeli tanpa mempertimbangkan masalah harga.

Beberapa tahun kemudian, perusahaan yang satu ini kembali meluncurkan merk mobil Honda selanjutnya yaitu Honda Mobilio. Munculnya tipe mobil Honda yang satu ini untuk mencoba peruntungan di salah satu pangsa pasar otomotif terbesar di Indonesia, yakni Low MVP. Kemunculannya tersebut membuat banyak orang tertarik untuk membelinya.

Perkembangan mobil Honda dari tahun ke tahun semakin pesat di Indonesia. Bahkan Honda selalu memunculkan produk terbarunya setiap tahunnya. Melihat kondisi masyarakat yang tertarik untuk membeli mobil Honda. Perusahaan yang satu ini juga melihatnya dan membuat mobil Honda sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Mobil Honda bisa dibilang sebagai salah satu merk mobil yang paling banyak dipilih oleh orang-orang. Anda bisa melihat sendiri di sekeliling anda, pastinya banyak orang yang menggunakan mobil Honda dibandingkan dengan mobil lainnya. Pastinya mereka memiliki alasan tersendiri mengapa mobil Honda menjadi pilihan tersendiri bagi banyak orang dibandingkan dengan mobil lainnya.

Banyak orang yang menilai mobil Honda dari segi keunggulannya. Mulai dari segi harga mobil Honda sangat bersahabat dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Harganya yang terjangkau tentu membuat mobil Honda laris di pasaran. Masyarakat Indonesia akan melihat dari segi harga terlebih dahulu ketika ingin membeli sebuah mobil. 

Selain itu, banyak dari mereka yang melihat dari segi fasilitas yang ada di dalamnya. Fasilitas yang lengkap tentu akan membuat nyaman para pengendara mobil Honda. Itu semua ada di dalam mobil Honda, dengan disediakan fasilitas yang ada, mobil Honda akan memberikan kenyamanan yang tinggi untuk anda pastinya. Untuk masalah fitur yang ada di dalamnya juga sangat mudah digunakan. Anda akan mudah memahaminya secara cepat. 

Keunggulan lainnya yaitu dari segi bahan yang digunakan untuk membuat mobil Honda. Merk yang satu ini dikenal akan keawetannya. Banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih produk awet dibandingkan mahal namun tidak berkualitas. Mobil Honda menjadi pilihan yang sangat cocok untuk dipilih.

Banyak sekali keunggulan yang bisa kalian dapatkan seperti bahan bakar yang hemat, mesin melaju dengan cepat, dan masih banyak yang lainnya. Bila anda membeli mobil Honda pastinya tidak akan menyesal. Jika perlu, anda bisa membandingkan terlebih dahulu antara mobil Honda dibandingkan dengan merk mobil lainnya.

Perusahaan Honda kini sudah banyak didirikan di Indonesia, mengingat kebutuhan masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya menjadikan perusahaan Honda memproduksi dalam jumlah yang banyak. Bagi anda yang tertarik untuk membelinya, mobil Honda menjadi pilihan yang paling tepat.