Monday, September 28, 2020

Mengenal Berbagai Macam Komponen Penting Mobil Honda

 Mengenal Berbagai Macam Komponen Penting Mobil Honda

Komponen Penting Mobil Honda
Komponen Penting Mobil Honda


Mobil Honda merupakan salah satu merk mobil terkenal yang ada di Indonesia. Bila dibandingkan dengan merk mobil lainnya, mobil yang satu ini terbilang cukup unggul baik dalam segi fitur, fasilitas, harga, ataupun hal lainnya. Sebab itulah mengapa banyak orang tertarik untuk membeli mobil Honda dibandingkan dengan merk mobil lainnya.

Jika anda melihat di sekeliling, mobil Honda banyak digunakan oleh orang-orang. Itu artinya ada banyak sekali peminat mobil Honda di Indonesia. Melihat kebutuhan masyarakat akan mobil Honda. Hal itu membuat Indonesia menjalin kerjasama dengan perusahaan Honda dengan mendirikannya di Indonesia. Dengan begitu, Indonesia tidak perlu mengimport mobil Honda dari luar Negeri bila membutuhkannya.

Setiap mobil Honda memiliki komponen yang penting di dalamnya. Komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing yang dapat membuat mobil Honda bergerak ataupun menjalankan fungsinya tersendiri. Komponen penting berarti harus ada di dalam sebuah mobil Honda. Apabila tidak ada komponen penting, tentu hal tersebut akan membuat mobil Honda tidak bisa dijalankan secara efektfif. 

Terdapat beberapa komponen penting pada mobil Honda yang dapat anda ketahui sebagai berikut!


Kepala Silinder

Salah satu komponen terpenting dalam mobil Honda yaitu terletak pada mesin mobil Honda, yakni kepala silinder. Dimana terdapat beberapa komponen lainnya di dalam kepala silinder yang harus diperhatikan. Beberapa diantaranya seperti katup, spring, valve seat, dan masih banyak yang lainnya.

Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk melakukan pembakaran pada ruang yang disediakan di dalam mesin. Selain itu, kepala silinder dapat digunakan sebagai saluran untuk masuk dan buang gas. Dan fungsi yang cukup penting lainnya adalah digunakan sebagai tempat pemasangan busi.


Blok Silinder

Selain kepala silinder, terdapat juga blok silinder yang menjadi salah satu komponen penting dalam mobil Honda. Blok silinder memiliki fungsi sebagai kedudukan silinder dan juga kepala selinder. Blok silinder sendiri merupakan rumah bagi engkol yang ada pada mesin mobil Honda. 

Blok silinder akan melakukan pembakaran berbagai macam komponen lainnya ketika mesin mobil dinyalakan. Selain itu, blok silinder juga dapat digunakan sebagai tempat piston naik dan turun untuk menghasilkan langkah pada usaha yang dilakukan oleh mesin. Dengan begitu, kinerja mobil Honda anda akan menjadi lebih baik.


Bak Oli

Menyesuaikan dengan namanya, bak oli merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menampung oli. Tempat penampungan oli ini memiliki fungsi yang penting supaya kinerja mobil bisa menjadi lebih baik. Oli yang ada pada mobil nantinya akan melakukan pelumasan secara otomatis kepada setiap komponen yang ada di dalamnya.

Komponen yang tidak mendapatkan pelumasan oli nantinya akan mudah gancet atau tidak berfungsi dengan baik. Komponen mesin sangat membutuhkan oli agar dapat bekerja dengan baik ketika mesin mobil dijalankan. Peran bak oli sangatlah penting agar kondisinya dapat bertahan dengan lama untuk oli yang digunakan di dalam mobil.


Seher

Salah satu komponen penting pada mobil Honda lainnya adalah Sehert. Komponen yang satu ini benar-benar sangat penting dan harus anda perhatikan. Seher memiliki fungsi utama sebagai penerima hasil pembakaran campuran gas dan meneruskannya ke poros engkel. Proses pembakaran yang telah dilakukan pada komponen sebelumnya akan diteruskan secara otomatis oleh seher.


Poros Engkol

Poros engkol merupakan salah satu komponen penting yang harus anda ketahui di dalam mesin mobil Honda. Komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting guna merubah arah gerak bolak balik naik turun menjadi energy putar yang dihasilkan pada mesin mobil Honda.

Jumlah piston yang ada di dalamnya juga dapat mempengaruhi bentuk dari poros engkol yang ada pada mesin mobil. Apabila semakin banyak jumlah piston yang ditambahkan maka semakin panjang. Sebab itulah mengapa poros engkol memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil Honda. 


Poros Hubungan

Poros hubungan memiliki fungsi yang sangat penting untuk bisa digunakan dalam mesin torak agar bisa menjalankan valve poppet, atau istilah yang satu ini disebut sebagai poros hubungan. Untuk komponen yang satu ini terbagi menjadi beberapa macam batangan silinder.

Cam nantnya akan membuka katup dengan cara menekannya. Melalui hubungan antara camshaft dengan poros engkol sangatlah penting untuk diterapkan. Hal ini dikarenakan katup dapat melakukan control aliran yang masuk dan keluar bahan bakar. Dengan ini akan menjadikan kinerja mesin mobil menjadi lebih efektif.


Mekanisme Katup

Salah satu komponen penting lainnya pada mobil Honda yang harus anda ketahui adalah mekanisme katup. Komponen yang satu ini berfungsi untuk mengatur penyuplaian masuk dan pembuangan bahan bakar. Dengan begitu, penyuplaian yang dilakukan akan memberikan kelancaran pada mesin mobil yang dinyalakan.

Dalam mekanisme katup sendiri ada banyak sekali komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Beberapa diantaranya seperti rocker arm, valve, push rod, camshaft, valve lifter, valve spring, dan masih banyak yang lainnya. Dengan ini akan menjadikan kinerja katup menjadi lebih efektif.


Gigi Timing

Gigi timing merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghubung untuk melakukan transfer putaran crankshaft perlengkapan engine yang membutuhkan tenaga putar dalam jumlah yang banyak. Dengan adanya gigi timing ini menjadikan proses perputaran tenaga mesin menjadi lebih efektif.

Jumlah gigi yang ada tergantung dari penyusunan yang telah dilakukan berdasarkan model engine. Gigi timing terdiri dari gigi penggerak yang berutar bersama crankshaft melalui perantara idler gear. Dengan begitu, kinerja mesin akan semakin efektif ketika gigi timing diterapkan dengan baik.


Roda Penerus

Roda penerus merupakan suatu komponen penting pada mesin mobil Honda yang memiliki fungsi cukup penting. Dimana roda penerus dapat menyimpan tenaga putar yang ada pada mesin mobil. Hal ini bisa dilihat ketika tenaga mesin semakin bertambah dan putaran dari mesin pun akan semakin bertambah.

Dengan adanya komponen yang satu ini memiliki kelebihan yang cukup pennting, yaitu akan tersiman di dalam flywhell yang akan melakukan penyuplaian tenaga yang sudah tersimpan sebelumnya. Roda penerus harus diterapkan secara efektif agar kinerja mesin mobil menjadi lebih baik saat dinyalakan.


Transmisi

Transmisi juga menjadi salah satu komponen penting yang berfungsi untuk meneruskan tenaga atau mesin dari kopling ke poros propeller. Perawatan pada dasarnya lebih mudah dan manual meskipun jenis transmisinya berbeda. Apabila transmisi mengalami kerusakan, hal ini akan berdampak pada komponen lainnya yang juga ikut rusak.


Sistem Pendingin

Setiap mobil pastinya menggunakan sistem pendingin di dalamnya. Komponen yang satu ini sangatlah penting untuk melakukan penyerapan panas agar tetap dapat beroperasi secara maksimal. Apabila tidak ada mesin pendingin di dalamnya, maka mobil akan overheat. Untuk kerusakan pada sistem pendingin biasanya terjadi pada radiator dan juga thermostat yang berfungsi ntuk menutup atau membuka jalur sirkulasi.