Wednesday, September 2, 2020

10 Tips Merawat Mobil Honda Agar Tetap Awet

10 Tips Merawat Mobil Honda Agar Tetap Awet

10 Tips Merawat Mobil Honda Agar Tetap Awet
10 Tips Merawat Mobil Honda Agar Tetap Awet

Apakah anda tertarik untuk membeli mobil Honda? Mobil Honda menjadi salah satu jenis mobil yang banyak diminati oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan mobil Honda memiliki keistimewan tersendiri yang menjadikan banyak orang tertarik untuk membelinya. Ada kelebihan yang bisa anda dapatkan jika membeli mobil Honda dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

Dalam membeli mobil Honda, salah satu hal yang sangat penting untuk anda lakukan adalah proses perawatannya. Ada banyak sekali perawatan mobil Honda yang harus anda lakukan supaya kondisi mobil tetap dalam kondisi prima. 

Bilamana anda mampu melakukan perawatan mobil dengan baik, hal ini akan berdampak baik juga terhadap mobil Honda yang anda miliki.


Mencuci Mobil

Tips merawat mobil yang paling mudah untuk anda lakukan adalah mencuci mobil secara rutin. Mobil akan tetap dalam kondisi baik-baik saja bilamana sering dicuci. Seperti yang anda ketahui sendiri, ketika mobil sering digunakan setiap hari biasanya akan ada debu yang menempel pada bagian body mobil ataupun mesin mobil. Apabila hal ini terjadi pada mobil anda maka anda bisa mencucinya.
Untuk mencuci mobil sangatlah mudah, gunakan sabun dan lap yang cocok untuk mobil. Gunakan air secukupnya untuk membersihkannya. Untuk mencuci mobil bisa anda lakukan setiap dua minggu sekali atau sesuai dengan kondisi mobil. Bila sudah terlihat kotor, anda bisa langsung segera membersihkannya.

Mengelap Mobil

Selain mencuci mobil, anda juga dapat mengelap mobil sebagai salah satu perawatan yang cukup efektif untuk anda lakukan. Mengelap mobil bertujuan untuk tetap menjaga kondisi tampilan mobil Honda milik anda supaya tidak terjadi permasalahan saat digunakan. Dengan begitu, tampilan mobil akan semakin menarik.
Untuk mengelapnya sangatlah mudah, gunakan kanebo atau kain lap untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor. Apabila kotoran pada mobil agak tebal, anda bisa membasahi lap yang digunakan. 

Mengganti Oli

Oli merupakan salah satu bagian penting yang harus anda perhatikan dalam proses perawatan mobil Honda. Oli memiliki peran penting pada mobil, dimana akan memberikan kinerja yang semakin efektif bila digunakan. Anda juga dapat merasakan sendiri bagaimana kendaraan yang olinya sudah lama dengan oli yang baru diganti.
Anda akan merasakan kenyamanan setelah mengganti oli yang lebih baru. Dengan menggunakan oli tersebut tentu akan membuat kondisi anda menjadi lebih nyaman saat menggunakannya. Ada banyak jenis oli yang dijual, anda bisa memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang anda miliki. Biasanya setiap bengkel sudah mengetahui jenis oli yang paling efektif untuk kendaraan tersebut.

Mengganti Aki

Berbicara soal aki pastinya sudah tidak asing lagi mengenai fungsinya. Dimana aki memiliki peran penting sebagai arus atau sumber daya komponen lainnya supaya dapat digunakan. Beberapa komponen yang menggunakan aki seperti stater, lampu, dan lain sebagainya. Apabila aki tidak menyala, maka mobil tidak akan dapat digunakan dengan baik.
Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk rutin mengganti aki bilamana sudah habis atau tidak bisa digunakan. Biasanya aki mobil akan bertahan 2 -3 tahun dalam penggunaannya untk kendaraan mobil. Namun itu juga tergantung dari bagaimana anda menggunakannya, semakin baik maka semakin efektif.

Mengganti Kampas Rem dan Kopling

Salah satu bagian penting dalam mobil adalah kampas rem dan kopling. Kedua hal ini menjadi komponen yang cukup mengejutkan sebagai kunci utama berjalan dan berhentinya sebuah mobil.
Bagi anda yang ingin menjaga kondisi mobil tetap efektif, perawatan pada kampas rem dan mobil juga sangat diperlukan. Anda bisa menggantinya secara berkala bilamana sudah masanya ganti. Untuk menggantinya, anda bisa datang langsung ke bengkel dan membawa mobil anda untuk diganti. Harganya tidak terlalu mahal, dengan ini akan sangat membantu anda dalam perawatan mobil yang lebih efektif.

Service

Salah satu perawatan yang sangat perlu anda lakukan adalah service. Tujuan dari perawatan yang satu ini adalah untuk menjaga kondisi mesin mobil supaya tetap dalam kondisi prima dan stabil saat digunakan. Selain itu, service juga dilakukan untuk membersihkan beberapa komponen penting mobil supaya dapat digunakan dengan baik.
Service mobil Honda biasanya dilakukans setiap 6 bulan sekali. Namun hal itu tidak menentu, terkadang seseorang yang ingin melakukan perjalanan jauh juga sering melakukan service terlebih dahulu supaya perjalanannya menjadi lebih menyenangkan. Sangat penting bagi anda untuk melakukan service pada mobil.

Memeriksa Kabel

Salah satu kendala yang sering terjadi pada mobil adalah putusnya kabel yang menyebabkan aliran menjadi terhambat. Putusnya kabel bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tikus atau hal lainnya. Bilamana terjadi hal seperti ini, sebaiknya anda segera mungkin untuk melakukan pemeriksaan pada kabel.
Memeriksa kabel menjadi hal penting dimana hal ini akan sangat berbahaya bilamana terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya putusnya kabel yang tersalur pada lampu, hal ini tentu akan menyebabkan lampu menjadi mati. Anda harus segera mungkin untuk memeriksa kabel apakah mengalami kendala atau tidak, bila hal ini terjadi pada anda, maka anda harus segera mungkin untuk mengatasinya.

Cek Bagian Ban

Perawatan pada bagian ban mobil Honda juga sangat penting untuk anda lakukan. Hal ini bertujuan agar anda lebih nyaman saat berkendara bilamana kondisi ban tetap baik. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah ban yang sudah halus namun tetap digunakan saja oleh para pengendara mobil. 
Hal seperti ini tentu akan sangat berbahaya pada kendaraan karena bisa menyebabkan kecelakaan akibat tidak terkontrol lajunya. Dengan menggunakan ban yang paling efektif tentu akan membuat anda lebih nyaman pastinya. Untuk itu, anda harus sering mengecek bagian ban supaya tetap nyaman saat digunakan.

Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai

Pemilihan bahan bakar dalam penggunaan mobil Honda juga sangat penting sebagai salah satu perawatan yang sangat efektif untuk anda lakukan. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan kondisi mobil. Seperti halnya bahan bakar untuk motor, maka pilihlah bahan bakat untuk motor seperti pertamax, pertalite, dan lain sebagainya. 
Begitu juga pada kendaraan mobil milik anda yang harus menggunakan bahan bakar yang sesuai. Dengan begitu, kendaraan yang anda gunakan tentu akan lebih nyaman. Kondisi mesin juga akan lebih efektif.

Bersihkan Bagian Dalam Mobil

Salah satu perawatan yang harus anda lakukan selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam mobil. Bagian tersebut sangat penting untuk anda bersihkan karena akan ditempati setiap anda menggunakan kendaraan tersebut. Apabila tidak dibersihkan, anda akan kurang nyaman saat berkendara pastinya.
Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang mampu menjangkau bagian sudut sempit pada mobil.