Thursday, September 3, 2020

10 Jenis Suku Cadang Mobil Honda

10 Jenis Suku Cadang Mobil Honda

10 Jenis Suku Cadang Mobil Honda
10 Jenis Suku Cadang Mobil Honda

Honda merupakan salah satu perusahaan terkenal dari Jepang yang kini sudah ada perusahaannya di Indonesia. Perusahaan yang satu ini meluncurkan berbaga macam mobil dengan inovasi tersendiri yang menjadi minat dan daya tarik masyarakat Indonesia untuk membeli mobil Honda. Jika anda melihat disekelilingnya, ada banyak sekali orang-orang yang menggunakan mobil Honda dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

Dalam mobil Honda terdapat suku cadang yang menjadi bagian penting dalam mobil Honda. Suku cadang tersebut nantinya akan berguna untuk keperluan mobil Honda yang anda miliki supaya dapat digunakan dengan baik. Ada banyak sekali jenis suku cadang mobil Honda yang harus anda ketahui untuk diterapkan pada mobil Honda yang anda miliki.

Komponen Penting Lain Dalam Mobil Honda Yang Harus Diperhatikan!

Selain suku cadang saja yang harus anda perhatikan, ada juga komponen lainnya yang sering diganti apabila sudah masanya. Beberapa diantaranya sebagai berikut!

1. Busi

Salah satu suku cadang paling penting dari mobil Honda yang harus anda sering ganti adalah busi. Suku cadang yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam kinerja mesin mobil supaya lebih efektif. Tanpa adanya busi, mesin tidak akan berjalan dan mobil pun akan diam terhenti saja.
Busi akan memantik api yang dapat memberikan progress terhadap mesin supaya dapat menyala. Bilamana busi sudah dalam kondisi kotor ataupun rusak, sebaiknya anda segera menggantinya karena dapat berakibat parah pada kondisi mesin mobil yang bisa tiba-tiba mogok dan mati. Sangat penting bagi anda untuk mengganti busi mobil Honda bilamana sudah tidak digunakan.

2. Aki

Selain busi, suku cadang yang patut anda ganti selanjutnya adalah aki. Komponen mobil yang satu ini benar-benar memiliki fungsi yang sangat penting, yakni sebagai aliran arus untuk menyalakan berbagai komponen lainnya seperti lampu, stater, dan lain sebagainya. Apabila aki sudah habis, maka anda harus segera menggantinya.
Biasanya aki sudah layak diganti bilamana sudah digunakan selama 2-3 tahun, pemakaiannya tergantung dari jenis aki yang digunakan. Selain itu, aki akan habis tergantung dari pemakaian yang dilakukan oleh penggunanya. Apabila mampu menggunakannya secara baik, maka jangka waktu habisnya aki akan lebih lama.

3. Kanvas Rem 

Kanvas rem merupakan salah satu bagian penting yang ada di dalam mobil. Dimana komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk kinerja mobil, khususnya untuk pengereman ketika ingin berhenti berkendara. Rem digunakan untuk memberhentikan mobil baik itu secara perlahan ataupun mendadak.
Nah, bagi anda yang suka menggunakan mobil, jangan lupa untuk rutin mengganti kanvas rem bilamana sudah terasa tidak pasah ketika digunakan. Apabila kanvas rem tidak segera diganti, hal ini akan dapat membahayakan pengendaranyaa. Salah satu gejala yang sering terjadi akibat hal ini adalah kecelakaan akibat rem blong. Hal seperti ini tentu tidak diinginkan oleh semua orang.

4. Kanvas Kopling

Selain kanvas rem, anda juga harus mengganti kanvas kopling supaya kinerja mobil semakin lebih mudah saat dijalankan. Kanvas kopling ini wajib diganti oleh para pengguna mobil Honda manual. Apabila terjadi gangguan, hal ini akan membahayakan pengendara mobil karena kanvas kopling tidak berfungsi dengan baik.
Apabila kanvas kopling digunakan setiap hari, maka kondisinya akan aus. Sangat penting bagi anda untuk segera menggantinya bilamana kanvas kopling sudah aus. Pastikan anda menggantinya secara rutin untuk kanvas kopling yang digunakan. 

5. Filter

Salah satu bagian penting dalam mobil Honda yang memiliki waktu singkat kinerjanya adalah filter. Komponen yang satu ini juga berperan penting pada mobil Honda yang digunakan supaya memiliki kinerja yang lebih baik. Apabila filter tidak dalam kondisi baik, maka hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja mobil saat digunakan.
Dalam mobil Honda, ada banyak jenis filter yang harus anda periksa seperti filter oli, filter udara, dan lain sebagainya. Pastikan anda selalu mengecek kondisinya agar tidak terjadi masalah saat penggunaan mobil Honda yang anda gunakan.

6. Oli

Oli juga menjadi salah satu suku cadang mobil yang wajib anda ganti. Dimana oli memiliki peran penting untuk kinerja mobil menjadi lebih efektif. Anda bisa merasakan sendiri perbedaan antara oli yang baru digunakan dengan oli yang sudah lama digunakan. Tentu kinerja mesin mobil akan terasa berbeda.
Apabila anda sudah merasa tidak nyaman saat menggunakan mobil, maka anda harus mengganti oli mobil. Untuk menggantinya, ada banyak jenis oli yang tersedia di toko atau bengkel. Anda harus memilih jenis oli sesuai dengan mobil yang anda gunakan, biasanya setiap bengkel sudah mengerti jenis oli manakah yang paling cocok untuk digunakan.
Itulah beberapa suku cadang mobil Honda yang paling sering anda ganti. Anda harus selalu mengecek kondisinya agar tidak berakibat fatal pada kondisi mobil. 

7. Lampu

Sebagai salah satu hal penting dalam mobil, lampu juga memiliki peran penting yang harus anda ganti bilamana lampu sudah tidak menyala. Lampu kendaraan mobil Honda terkadang sering mengalami kendala, baik itu disebabkan karena kabel putus ataupun dari lampu itu sendiri yang sudah layak diganti.
Apabila hal ini sering terjadi pada diri anda, maka anda harus segera mungkin untuk mengganti lampu mobil. Anda bisa mendapatkannya di bengkel terdekat atau tempat pembelian suku cadang mobil. Pastinya anda akan menemukan lampu yang dibutuhkan dengan baik.

8. Ban

Ban juga menjadi salah satu komponen mobil yang harus sering anda ganti bilamana sudah masanya. Ban mobil akan bertahan dalam jangka waktu yang lama, namun hal ini tidak akan terjadi bilamana anda terlalu berlebihan saat menggunakan kendaraan mobil Honda yang anda miliki.
Apabila anda tidak dapat menggunakan mobil secara efektif, maka kendaraan akan cepat halus dan berbahaya untuk digunakan. Bilamana kondisi ban sudah halus, maka anda harus segera mungkin untuk menggantinya.

9. Pelek

Selain ban, pelek juga menjadi salah satu bagian mobil yang perlu diganti bilamana sudah masanya. Setiap pelek memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dimana masing-masing pelek memiliki keawetan masing-masing. Apabila penggunaannya efektif, maka pelek tersebut akan semakin awet penggunaannya.
Pelek mobil memiliki variasi yang berbeda-beda, ada yang beruji banyak dan ada yang sedikit. Setiap pemilik mobil berhak menentukan sendiri pelek manakah yang akan digunakan oleh penggunanya. Apabila sudah tidak layak digunakan, anda harus segera mungkin untuk menggantinya.

10. Spion

Spion juga menjadi salah satu komponen mobil Honda yang memiliki peran penting untuk melihat ke belakang kendaraan. Anda akan dimudahkan dengan adanya spion untuk mengetahui seperti apa kondisi bagian belakang mobil apakah ada kendaraan lain atau tidak. Hal ini sering digunakan ketika ingin menyeberang ataupun parkir di suatu tempat, sangat wajib bagi anda untuk menggunakan spion pada kendaraan mobil.