Wednesday, June 17, 2020

Komponen Penting Pada Mesin Mobil Honda

Komponen Penting Pada Mesin Mobil Honda

Komponen Penting Pada Mesin Mobil Honda
Komponen Penting Pada Mesin Mobil Honda

Mobil Honda menjadi salah satu jenis mobil yang paling banyak diminati oleh orang-orang, khususnya masyarakat Indonesia. Jika anda melihat sekeliling anda, kebanyakan dari mereka menggunakan mobil bermerk Honda. Tentu hal ini dikarenakan ada keistimewaan tersendiri yang menjadikan orang-orang lebih tertarik untuk membeli mobil Honda. 

Salah satu keistimewaannya ada pada mesin mobil yang berkualitas dan memilikip performa sangat baik. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa komponen penting yang membuat mesin memiliki kinerja yang efektif. Nah, kira-kira apa saja komponen penting yang ada di dalam mesin mobil Honda? 

Berikut komponennya!


Kepala Silinder

Kepala Silinder menjadi komponen penting pada mobil, dimana terdapat beberapa komponen lainnya yang ada di dalamnya seperti katup, spring, valve seat, dan lain sebagainya. Komponon yang satu ini berfungsi sebagai ruang pembakaran, tempat pemasangan busi, dan sebagai saluran masuk dan buang.

Blok Silinder

Blok Silinder merupakan rumah bagi engkol yang ada pada mesin. Fungsinya sebagai kedudukan silinder dan kepala silinder. Disini terdapat proses langkah pembakaran dan juga tempat piston naik turun untuk menghasilkan langkah suatu usaha yang dilakukan oleh mesin.

Bak Oli

Sesuai dengan namanya, komponen yang satu ini memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk menampung oli. Oli yang ada di dalamnya akan melumasi seluruh komponen yang ada di dalam mesin, sehingga kinerja mesin akan lebih baik. Komponen mesin sangat membutuhkan oli agar mesin dapat bekerja dengan baik saat dijalankan.

Torak/Seher

Seher menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada mesin mobil. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai penerima hasil pembakaran campuran gas dan meneruskannya ke poros engkel. 

Poros Engkol

Poros engkol memiliki kinerja penting dalam mesin mobil, dimana komponen yang satu ini akan merubah gerak bolak balik naik turun menjadi energy putar. Jumlah piston akan mempengaruhi bentuk dari poros engkol, bilamana semakin banyak maka akan semakin panjang. 

Poros Hubungan 

Sebuah alat yang digunakan dalam mesin torak untuk menjalankan valve poppet disebut sebagai poros hubungan. Komponen yang satu ini terdiri dari batangan silinder. Cam nantinya akan membuka katup dengan cara menekannya. Hubungan antara camshaft dengan poros engkol sangatlah penting. Hal ini dikarenakan katup dapat mengontrol aliran yang masukan dan keluaran bahan bakar.

Mekanisme Katup

Kompenen yang satu ini memiliki fungsi untuk mengatur penyuplaian masuk dan pembuangan bahan bakar. Di dalam mekanisme katup juga terdapat beberapa komponen seperti rocker arm, valve, push rod, camshaft, valve lifter, valve spring, dan lain sebagainya.

Gigi Timing

Gigi timing atau timing gear merupakan komponen penguhubung untuk mentransfer putaran crankshaft perlengkapan engine yang membutuhkan tenaga putar. Untuk jumlah gigi tergantung dari penyusunan yang dilakukan berdasarkan model engine. Gigi timing terdiri dari gigi penggerak yang berutar bersama crankshaft melalui perantara idler gear.

Roda Penerus

Komponen penting yang ada pada mesin mobil selanjutnya adalah roda penerus. Fungsi dari roda penerus yaitu menyimpan tenaga putar yang ada di dalam mesin. Hal ini bisa dilihat ketika tenaga mesin bertambah dan putarannya akan bertambah. Kelebihan dari komponen yang satu ini yaitu akan tersimpan di dalam flywhell yang akan menyuplai tenaga yang sudah disimpan sebelumnya.

Itulah beberapa informasi mengenai komponen penting di dalam mesin mobil Honda. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.

Dibaca juga artikel >> 5 Mobil Honda Termahal di Dunia