Monday, June 8, 2020

Cara Merawat Cat Mobil Honda Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Cat Mobil Honda Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Cat Mobil Honda Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Cara Merawat Cat Mobil Honda Agar Tetap Awet Tahan Lama

Ada banyak perawatan yang harus dilakukan pemilik mobil agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Beberapa perawatan mobil seperti perawatan cat mobil, perawatan bagian dalam mobil, perawatan mesin mobil, dan lain-lain. Salah satu perawatan yang paing penting dari segi tampilan adalah perawatan cat mobil.

Seseorang akan melihat tampilan sebuah mobil terlebih dahulu apakah menarik atau tidak. Banyak yang memodifikasi warna cat mobil pada dasarnya dengan warna lainnya. Namun cat mobil juga membutuhkan perawatan supaya tetap awet dan tahan lama. 

Dengan begitu, orang-orang yang melihat mobil anda akan terkesan.


1. Mencuci Secara Rutin

Tips yang pertama harus anda lakukan adalah mencuci secara rutin. Kondisi cat akan tetap terjaga keawetannya bilamana anda sering mencucinya. Anda bisa mengatur jadwal dalam mencuci mobil seperti seminggu sekali atau dua minggu sekali sesuai keinginan anda.

Pastikan anda jangan sampai telat mencuci mobil, jangan sampai menunggu banyak kotoran yang menempel pada mobil. Apabila tidak dilakukan tindakan, kotoran tersebut akan mempengaruhi cat mobil. Sehingga akan sulit dihilangkan meski sudah dicuci.

2. Hindari Penggunaan Sabun

Ketika anda mencuci mobil, pastikan anda tidak mencucinya dengan menggunakan sabun. Untuk mencuci mobil, maka anda harus mencucinya dengan menggunakan sabun khusus untuk mobil. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di warung terdekat. Dengan menggunakan sabun seperti deterjen tentu akan membuat cat mobil anda mudah pudar. Akan sangat tidak efektif jika anda menggunakan sabun seperti itu.

3. Gunakan Kit Mobil

Kit mobil memiiki fungsi yang sangat baik untuk membuat body menjadi lebih mengkilap. Penggunaan kit mobil dilakukan setelah melakukan pencucian mobil dan tunggu hingga body sudah kering. Anda tinggal mengoleskan kit mobil dengan menggunakan kain lap kering secara menyeluruh. Dengan begitu, kondisi cat mobil anda justru akan terlihat lebih baik.

Anda bisa mendapatkan kit dengan membelinya di bengkel terdekat atau datang langsung ke Alfamart. Harganya yang terjangkau akan membuat body mobil anda menjadi berkilau. 

4. Hindari Cuaca Ekstrim

Bepergian menggunakan mobil sebaiknya melihat kondisi cuaca seperti apa. Apabila kondisi cuaca ekstrim, sebaiknya anda hindari penggunaan mobil apabila tidak penting. Hal ini akan membuat kondisi mobil anda kotor akibat air jalan yang dapat membuat body mobil menjadi kotor. Apabila kotor, anda harus segera mencucinya supaya tidak berdampak pada kondisi cat mobil yang semakin memburuk.

5. Rutin Mengelap Setelah Penggunaan

Apabila sudah menggunakan mobil, sebaiknya anda rutin melakukan pengelapan pada bagian body. Hal ini untuk menjaga kondisi cat mobil supaya tetap terjaga keawetannya. Pengelapan dilakukan bilamana anda sudah menggunakan mobil, biasanya akan ada kotoran atau debu yang menempel. Anda bisa mengelapnya agar cat mobil tetap terlihat mengkilap warna aslinya. 

6. Segera Perbaiki Bila Tergores

Body mobil tentu tidak akan mulus secara terus menerus, suatu saat biasanya akan terjadi sebuah goresan meskipun hanya sedikit. Apabila hal ini terjadi pada anda, sebaiknya anda segera mungkin melakukan perbaikan pada mobil anda. Goresan tersebut akan membuat warna cat mobil terlihat kurang menarik. Dengan memperbaikinya akan membuat tampilan cat mobil menjadi lebih keren pastinya.

Itulah beberapa tips melakukan perawatan pada cat mobil anda. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, pastinya cat mobil anda akan awet dan juga tahan lama alam waktu yang panjang.