Saturday, May 16, 2020

Cara Klaim Asuransi Mobil Honda Yang Benar

Cara Klaim Asuransi Mobil Honda Yang Benar

Cara Klaim Asuransi Mobil Honda Yang Benar
Cara Klaim Asuransi Mobil Honda Yang Benar

Menggunakan jasa asuransi mobil menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk melindungi mobil Honda anda dari berbagai hal. Dengan mendaftarkan mobil Honda milik anda ke perusahaan asuransi, nantinya anda akan mendapatkan jaminan bilamana terjadi sesuatu pada mobil Honda milik anda. Beberapa resiko yang sering terjadi pada mobil seperti kecelakaan, kehilangan, dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana cara klaim asuransi mobil Honda anda bila terjadi sesuatu? 

Ada beberapa cara yang harus anda lakukan bilamana mobil anda mengalami kerusakan, kehilangan atau masalah lainnya.

Berikut adalah beberapa cara klaim asuransi mobil Honda yang benar!


Klaim Asuransi Mobil Honda Bila Terjadi Kecelakaan

Kecelakaan tidak akan nada yang tahu, seseorang bisa saja lengah saat membawa kendaraan dalam waktu yang tak terduga. Apabila hal ini terjadi pada diri anda, pastinya mobil akan mengalami kerusakan yang parah. Anda harus melakukan tindakan supaya mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi yang didaftarkan. Beberapa caranya seperti berikut!

Tahap Pelaporan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melaporkan terlebih dahulu atas kejadian yang menimpa anda. Laporan dilakukan kepada perusahaan asuransi dalam waktu 3x24 jam. Jangan sampai anda melaporkannya setelah melewati 3 hari, hal ini akan membuat anda sulit diklaim perusahaan asuransi. Untuk menghubunginya bisa melalui sms, telepon, atau lewat media sosial.

Anda juga harus memberikan informasi secara jelas mengenai kecelakaan yang sudah terjadi. Beberapa bukti yang jelas seperti foto mobil, saksi, dan lain sebagainya harus ada. Anda tidak perlu berbelit-belit disaat menjelaskan kejadian yang telah terjadi pada mobil anda. Apabila laporan sudah jelas, nantinya perusahaan asuransi akan memberikan klaim pada mobil Honda anda yang mengalami kecelakaan.

Lengkap Dokumen Kecelakaan

Apabila sudah melaporkan, anda akan diminta untuk mengisi dokumen kecelakaan yang sudah terjadi. Di dalamnya anda harus mengisikan identitas kepemilikan mobil. Anda juga harus melengkapi berbagai persyaratan dokumen seperti foto KTP, SIM, STNK, dan lain sebagainya. 

Berbagai peraturan mengenai kelengkapan dokumen harus anda patuhi, jangan sampai anda mengisikan identitas palsu yang tidak sesuai dengan kenyataan. Hal ini akan berakibat buruk dan bisa saja anda tidak akan mendapatkan klain dari perusahaan asuransi.

Perbaikan Kendaraan

Apabila proses pengajuan sudah di klaim dari perusahaan asuransi. Perbaikan kendaraan akan segera ditangani dari perusahaan asuransi. Namun sebelum itu, ada hal pennting yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut!

Dilarang menggunakan jasa bengkel rekan atau bengkel milik orang yang anda kenal untuk mendapatkan potongan harga.
Dilarang membawa mobil ke bengkel terlebih dahulu sebelum mendapatkan ijin dari perusahaan asuransi.
Anda akan mendapatkan Surat Perintah Kerja dari perusahaan asuransi sebagai ijin untuk memperbaiki kendaraan milik anda. 

Tahap Klaim Mobil Honda Dari Pencurian

Apabila mobil anda dicuri oleh seseorang, anda masih bisa mendapatkan jaminan dari perusahaan asuransi dengan cara melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib terlebih dahulu. Disisi lain, anda harus melengkap berbagai dokumen penting seperti KTP, SIM, STNK dan lain-lain. 
Nantinya anda akan diminta untuk mengisi formulir dari pihak berwajib. Pastikan anda mengisi identitas selengkap mungkin. Bila sudah, anda akan mendapatkan surat keterangan dari pihak kepolisian dan juga surat kehilangan.
Begitu juga dengan kejadian lainnya yang menimpa pada mobil Honda milik anda. Bila terjadi sesuatu, maka anda harus segera mungkin menghubungi perusahaan asuransi yang anda daftarkan.