Friday, May 22, 2020

5 Tips Merawat Mobil Honda Agar Awet dan Kinclong

5 Tips Merawat Mobil Honda Agar Awet dan Kinclong

5 Tips Merawat Mobil Honda Agar Awet dan Kinclong
5 Tips Merawat Mobil Honda Agar Awet dan Kinclong

Membeli sebuah mobil tentu tidak hanya untuk digunakan saja, anda juga harus rutin dalam melakukan perawatan. Perawatan mobil menjadi salah satu kunci penting agar kondisi mobil tetap berkualitas. Jangan sampai anda baru saja membeli sebuah mobil, namun kondisinya sudah seperti mobil lama. Hal seperti ini tentu akan membuat pemilik mobil resah dengan kondisi mobil tersebut.
Ada banyak sekali perawatan mobil yang bisa anda lakukan. 

Berikut adalah beberapa tips merawat mobil Honda agar awet dan kinclong!

Rutin Mengganti Oli

Salah satu perawatan yang paling umum dilakukan agar mobil tetap awet adalah dengan rutin mengganti oli. Anda harus memperhatikan apakah kondisi oli mesin mobil Honda milik anda sudah layak ganti atau belum. Hal ini bisa ditandai dengan system laju mobil yang kurang nyaman. Maka dari itu, anda harus mengganti oli mobil terlebih dahulu supaya nyaman digunakan.

Ganti Kampas Rem

Ketika mobil digunakan, kampas rem tentunya akan semakin berkurang karena digunakan untuk pencakram. Kampas rem memiliki peran yang sangat penting dalam keselamatan mengemudi. Untuk itu, perawatan yang satu ini harus tidak anda abaikan. Hal ini bisa beresiko pada kecelakaan apabila anda lupa untuk mengganti kampas rem yang sudah habis.

Cek Ban Mobil

Setelah pemakaian yang cukup lama, anda juga harus melakukan pengecekan pada bagian ban mobil. Bila sudah lama digunakan biasanya ban mobil akan halus dan bisa menyebabkan bocor saat digunakan. Untuk itu, anda harus segera mungkin untuk menggantinya. Perawatan mobil yang satu ini sangat diperlukan agar perjalanan menggunakan mobil menjadi lebih menyenangkan.

Bersihkan Body Mobil

Perawatan mobil yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah membersihkan body mobil. Bagian ini menjadi salah satu daya tarik orang-orang bila melihatnya. Apabila kondisi mobil sudah bersih dan mengkilap, orang-orang akan nyaman melihatnya. Anda bisa membersihkannya dengan cara mengelap secara rutin sehabis pemakaian.

Bersihkan Kaca Mobil

Selain bagian body mobil, anda juga harus membersihkan bagian kaca mobil. Bila ada banyak kotoran atau debu yang menempel pada kaca tentu akan mengganggu anda bila melihat ke arah luar. Maka dari itu, anda harus membersihkannya dengan menggunakan kain basah atau alat lainnya. 

Bersihkan Bagian Dalam Mobil

Selain bagian luar mobil, anda juga harus membersihkan bagian dalam pada mobil. Bagian ini akan membuat kondisi anda nyaman dalam berkendara apabila sudah dibersihkan. Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai alat supaya lebih cepat. Dengan begitu, pengendara akan nyaman saat berada di dalam mobil.

Cuci Mobil

Perawatan yang wajib anda lakukan lainnya adalah mencuci mobil. Anda bisa mencuci mobil secara berkala baik seminggu sekali atau sesuai keinginan anda. Untuk  pencucian bisa dilakukan dengan menggunakan sabun khusus untuk mobil dan air saja. Dengan begitu, mobil anda akan tetap kinclong dan terjaga keawetannya. 

Service Secara Berkala

Hal yang tidak boleh anda lewatkan dalam melakukan perawatan mobil selanjutnya adalah service secara berkala. Jangan sampai anda telat melakukan service pada mobil anda, pastikan anda menservice pada waktu yang tepat. Salah satu tujuan utama dari service mobil yaitu agar kondisi mobil tetap terjaga. Sehingga, anda akan dapat menggunakannya dengan aman dan nyaman. Mobil yang sudah disservice juga akan mengalami performa seperti semula dengan laju yang baik.